Wacana Daerah

  • 2

Pencarian

Kamis, 12 Agustus 2010

ENAM DESA DI KECAMATAN WAEAPO KAB BURU TERENDAM BANJIR

JUMAT, 23 JULI 2010
AMBON-Sedikitnya 6 Desa dikecamatan Waeapo Kabupaten Buru terendam Banjir akibat hujan deras yang menguyur daerah tersebut selama sepekan terahir. Banjir tersebut diakibatkan oleh terjadinya Luapan air dari sungai Waeapo, serta sejumlah sungai sungai kecil lainnya yang meluap ke sejumlah desa dusun antara lain desa Waenetat sedikitnya 300 rumah terendam Banjir, sementara desa desa lainnya yaitu Sp1 Sp2 Desa Wansait, Debowai,Waelo,Waeleman dan Dusun Wegerenangan juga mengalamai hal yang sama. Hal tersebut dijelaskan oleh Suroso Kepala Desa Waenetat Kecamatan Waeapo menurutnya. Diperkirakan ribuan rumah yang berada didesa dusun pada kecamatan Waepo saat ini terendam banjir.

Banjir juga mengakibatkan sejumlah perkantoran antara lain Kantor Kecamatan Waeapo ,Puskesmas, Kantor Koramil dan Sejumlah Bangunan Sekolah SD hingga SMA dikecamatan tersebut ikut terendam banjir. Fasilitas Umum lainnya yang rusak akibat banjir tersebut yaitu terputusnya jalan Lintas Mako-Namrole Kabupaten Buru Selatan yaitu ada lima titik lokasi sepanjang jalan tersebut menjadi terputus, Jalan Grandeng-Kayeli juga ikut terputus. Masyarakat saat ini ahirnya mengunakan transportasi tradisional yaitu Rakit sebagai sarana transportasi dan menyelematkan barang barang ke yang aman, Selain itu ribuan hektar Sawah dikecamatan Lumbung Pangan Maluku itu juga ikut terendam banjir, dan dipastikan akan terjadi kegagalan panen. hingga saat ini belum dipastikan kerugian yang dikaibatkan oleh banjir tersebut, sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buru Karim Tukang hingga saat ini belum terhubung akibat buruknya Cuaca didaerah tersebut.

Banjir yang sama juga terjadi sejumlah desa Kabupaten Buru Selatan yaitu di Kota Ibu Kota Buru Selatan Namrole Desa Waefusi serta sejumlah desa lainnya di kabupaten tersebut, hingga berita ini kami naikan belum diketahui Kerusakan Saran dan prasaran Fasiklitas Umum maupun Masyarakat yang rusak akibat banjir tersebut.DMS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentarnya yang berbobot ya