Wacana Daerah

  • 2

Pencarian

Senin, 15 Februari 2010


California: Para peneliti telah menemukan asal-usul virus AIDS yang menjangkiti pasangan gay dan biseksual pada laki-laki, demikian dilansir HealhDay News. "Dengan mengetahui asal-usul penularan virus, para ilmuwan mungkin dapat mengembangkan vaksin baru, seperti obat-obatan untuk mencegah penyebaran HIV yang ditularkan melalui hubungan seks," kata Dr. Davey Smith, seorang peneliti sekaligus profesor kedokteran di Universitas California San Diego.

Persoalannya adalah HIV ada dalam air mani, yang terdiri dari sel-sel mani dan cairan yang disebut plasma mani. Partikel HIV di dalam RNA ada di dalam cairan, sementara DNA HIV berada di sel-sel mani. Para peneliti menggunakan jenis analisis genetik, untuk mempelajari orang-orang yang telah terjangkit penyakit seksual menular HIV, kepada pria lain yang belum terinfeksi.

"Sampai sekarang, masih belum diputuskan apakah RNA atau DNA HIV yang ditularkan saat berhubungan seks," kata Smith. "Dengan menganalisis perbedaan genetik antara kedua bentuk dan virus yang akhirnya ditularkan kepada orang yang baru terinfeksi, akhirnya kami menemukan RNA HIV yang ada dalam plasma mani yang dipancarkan adalah penyebabnya," ujar Smith.

Bagaimana dengan penularan HIV kepada perempuan? "Sebagian besar perempuan yang terinfeksi HIV, karena virus yang ada dalam air mani. Kemungkinan RNA HIV dalam plasma seminalis adalah penyebabnya, tetapi hal ini perlu masih perlu dikonfirmasi," tambah Smith

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya yang berbobot ya