Wacana Daerah

  • 2

Pencarian

Kamis, 04 Februari 2010


jakarta - Menko Kesra Agung Laksono me-launching event Sail Banda 2010 yang berlangsung di Hotel Borobudur, Rabu (3/2) malam.

Wartawan Siwalima, Izaac Tulalessy yang melaporkan dari Jakarta tadi malam menyebutkan, launching event Sail Banda 2010 tersebut ditandai dengan pemukulan tifa oleh Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad dan Gubernur Maluku KA Ralahalu.

Turut menghadiri launching tersebut diantaranya Menteri Perhubungan Freddy Numberry, Wakil Ketua MPR RI Melani Leimena, para anggota DPR RI dan DPD RI asal Maluku, para bupati/walikota se-Maluku serta para pejabat Kantor Menko Kesra dan Departemen Kelautan dan Perikanan.

Agung Laksono mengatakan, pemerintah telah bertekad untuk mengulang sukses pelaksanaan Sail Bunaken 2009 lalu di Manado-Sulawesi Utara, dengan menggelar acara serupa yang diberi nama Sail Banda 2010.

"Sail Banda 2010 yang bernuanda pembangunan bidang kelautan dan pembangunan masyarakat pesisir ini akan digelar dari tanggal 24 Juli hinggga 17 Agustus 2010 dengan tema Small Islands for Our Future," katanya.

Dijelaskan, Sail Banda 2010 bertujuan untuk memperlihatkan pada dunia luar tentang kondisi Maluku terkini yaitu sebuah kawasan yang aman dan damai yang siap untuk menjadi pintu gerbang bagi Kawasan Timur Indonesia.

"Sail Banda 2010 ini mampu menarik perhatian dunia internasional dan dunia usaha sehingga nantinya dapat memacu peningkatan kesejahteraan rakyat di pulau-pulau terpencil kawasan Maluku," jelasnya.

Agung Laksono juga mengaku, puncak event Sail Banda 2010 akan berlangsung pada tanggal 3 Agustus 2010 di Kota Ambon. "Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan melaksanakan inspeksi serta menerima penghormatan dari seluruh kapal peserta Sail Banda 2010 yang berkumpul di Teluk Ambon," ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhammad mengaku, kegiatan Sail Banda 2010 dikemas dalam berbagai bentuk kegiatan diantaranya Operasi Bhakti Surya Bhaskara Jaya ke pulau-pualu terpencil dengan melibatkan kapal-kapal rumah sakit dari TNI AL, AL Australia, Singapura, Malaysia, Selandia Baru dan Amerika Serikat.

"Kapal rumah sakit KRI Suharso-990 yang didukung para dokter dan tenaga medis serta penyuluh guna melaksanakan operasi bhakti kesehatan, pembangunan infrastruktur, penyuluhan, pelatihan, bhakti kemasyarakatan serta penyerahan bahan kontak seperti buku-buku pendidikan, buku-buku agama, system listrik tenaga surya, system telekomunikasi dan penjernih air untuk warga di daerah terpencil," ungkapnya.

Angkatan Laut Amerika Serikat juga akan mengerahkan USNS Mercy T-AH 19. Kapal dengan panjang tiga kali lapangan sepakbola bola akan membawa 956 tenaga dokter dan paramedis.

Fadel Muhammad juga mengungkapkan, guna meningkatkan semangat cinta tanah air, Sail Banda 2010 juga akan menggelar Lintas Nusantara Remaja Bahari dari Sabang sampai Merauke dengan menggunakan KRI Banjarmasin-592. "Perwakilan pelajar, remaja dan pramuka dari berbagai provinsi akan bergabung di kapal ini melaksanakan kegiatan bersama menyusuri perairan Indonesia dan pada tanggal 17 Agustus 2010 akan memperingati HUT RI ke-65 di Pulau Kisar, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Selain itu juga, akan dilaksanakan Yacht Race dari Darwin-Australia yang akan diikuti 200-an perahu layar.

Sail Banda 2010, menurutnya, juga akan diisi dengan tujuh konferensi nasional dan internasional diantaranya Konferensi Kerjasama Indonesia-Australia di Bidang Kelautan dan Perikanan, Konferensi Internasional Coral Reef and Small Islands, Konferensi Nasional ke-VII PengelolaanWilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Seminar Internasional Tanaman Sagu, Simposium Internasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan dan Perikanan serta Seminar Internasional Teknologi Eksplorasi Bawah Laut.

Fadel Muhammad mengaku, pihaknya akan mengundang Perdana Menteri Australia untuk menghadiri konferensi internasional tersebut.

Sementara itu, Gubernur Maluku, KA Ralahalu mengaku saat puncak event Sail Banda 2010 akan berlangsung pada tanggal 3 Agustus 2010 di Kota Ambon Ambon, Presiden SBY juga akan mendeklarasikan Provinsi Maluku sebagai lumbung perikanan nasional dan destinasi wisata. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya yang berbobot ya