Wacana Daerah

  • 2

Pencarian

Kamis, 04 Februari 2010

KNPI: Sail Banda Jadi Momen Kebangkitan Maluku

Ambon - Kepercayaan pemerintah pusat kepada daerah ini untuk menyelenggarakan Sail Banda harus dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan rakyat Maluku, sebagai momen kebangkitan Maluku.

Hal ini ditegaskan Pelaksana Harian (Plh) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Maluku Tammat R Talaohu kepada wartawan, Rabu (3/2).

Dikatakan, Sail Banda harus dijadikan sebagai momentum kebangkitan Maluku untuk sejajar dengan daerah lain di Indonesia. Dengan adanya event internasional itu, Maluku yang kaya akan potensi wisata, baik d idarat maupun lautnya akan lebih dikenal lebih luas lagi, sehingga dapat menarik minat investor untuk mengelola potensi alam Maluku.

"Event Sail Banda 2010 ini hendaknya dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Maluku sebagai momentum untuk mempercepat proses memajukan Maluku. Ini menjadi signifikan mengingat dalam banyak hal, Maluku masih tertinggal dari kebanyakan daerah lainnya di Indonesia," ujar Talaohu.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku untuk bahu-membahu dan dan bekerja keras membantu Pemprov Maluku dalam mensukseskan Sail Banda 2010.

"Program ini melibatkan komunitas internasional, maka semua anak negeri Maluku bertangunggjawab dan berkewajiban bekerja membantu panitia daerah agar pelaksanaan Sail Banda 2010 menjadi sukses,"
ujarnya.

Ia juga mengatakan, dalam rangka mengaktualisasikan program-program DPD KNPI Provinsi Maluku, maka DPD KNPI Provinsi Maluku telah mengusulkan beberapa kegiatan yakni penanaman mangrove sebanyak 50.000 anakan di Teluk Ambon dan aksi bersih Teluk Ambon.

"Kedua program tersebut telah diakomodir oleh panitia pelaksana dan dimasukkan sebagai salah satu program dalam rangkaian kegiatan untuk mensukseskan Sail Banda 2010," terang Talaohu.

Walikota Diminta Serius

Sekretaris Fraksi Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Kota Ambon Syaiful Al Maskati meminta Walikota Ambon MJ Papilaja serius dalam menghadapi Sail Banda.

Kepada Siwalima, di Baileo Rakyat Belakang Soya, Rabu (3/1) Maskati mengatakan, Sail Banda adalah momen untuk Kota Ambon membersihkan citranya dimata dunia.

"DPRD Kota tetap mendukung apalagi kegiatan Sail Banda dibiayai oleh pusat.,kita diuntungkan dengan kegiatan ini, yang terpenting Pemkot harus mempersiapkan diri sebaik mungkin," ujarnya

Menurut Ketua Komisi II ini, Walikota harus benar-benar serius, apalagi Ambon akan menjadi pusat kegiatan Sail Banda.

"Sail Banda ini juga menjadi momen promosi budaya dan parawisata sehingga bisa jauh lebih baik dan kemudian mendatangkan keuntungan, karena APBD kita salah satunya tidak dihasilkan dari parawisata padahal potensi parawista di Kota Ambon sangat besar," ungkapnya

Anggota Komisi I DPRD Kota Ambon Ridwan Hasan menambahkan, dengan diselenggarakannya Sail Banda, sekaligus menunjukkan bawa Maluku benar-benar aman, dan ingin maju setara dengan daerah lainnya. (S-26/S-30)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentarnya yang berbobot ya